Home » » Netiket atau Nettiquette

Netiket atau Nettiquette

Written By Unknown on Rabu, 01 Mei 2013 | 11.04

NETIQUETTE

Netiket adalah etika dalam berkomunikasi lewat internet. 
Netiquette memiliki fungsi yang sama dengan etiket yang ada di dalam lingkungan sosial manusia, yaitu merupakan tata krama atau sopan santun yang harus diperhatikan dalam pergaulan agar hubungan selalu baik.
Kebanyakan netiket yag sering digunakan mengacu pada standar netiket yag ditetapkan oleh IETF ( The Internet Engineering Tasking Force), yaitu suatu komunitas masyarakat internasional yang terdiri dari para perancang jaringan, operator, penjual dan peneliti yang terkait dengan evolusi arsitektur dan pengoperasian internet.

Alasan Pentingnya Etika di dunia maya
Beberapa alasan mengenai pentingnya etika dalam dunia maya adalah sebagai berikut:

  • Bahwa pengguna internet berasal dari berbagai Negara yang mungkin memiliki budaya, bahasa dan adat istiadat yang berbeda-beda.
  • Pengguna internet merupakan orang-orang yang hidup dalam dunia anonymouse, yang tidak mengharuskan pernyataan identitas asli dalam berinteraksi.
  • Berbagai macam fasilitas yang diberikan dalam internet memungkinkan seseorang untuk bertindak etis seperti misalnya ada juga penghuni yang suka iseng dengan melakukan hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan.
  • Harus diperhatikan bahwa pengguna internet akan selalu bertambah setiap saat dan memungkinkan masuknya “penghuni” baru diduniamaya tersebut.


ATURAN UMUM

Rule 1. Kita semua manusia, bahkan saat berada di Internet sekalipun.
Rule 2. Ikuti aturan seperti di kehidupan nyata Anda saat online.
Rule 3. Ingatlah tempat di mana Anda berada ketika Anda sedang online.
Rule 4. Hormatilah orang lain ketika Anda sedang online.
Sama seperti di dunia nyata di mana orang berinteraksi dengan bertatap muka atau berkomunikasi melalui telepon, etika dan peraturan yang disepakati bersama harus diikuti. Internet adalah salah satu bentuk komunikasi lainnya di samping cara di atas, dan itulah mengapa "Netiquette" ini dibuat.


Pada dasarnya netiquette merupakan panduan untuk bersikap dan berperilaku sesuai dengan kaidah normatif di lingkungan Internet. Dengan mematuhi peraturan ini, maka akan sangat bermanfaat dan membantu Anda dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain tanpa harus mengalami masalah atau tanpa harus mengalami salah pengertian dengan orang lain.

ATURAN INTI NETIQUETTE

Aturan-aturan berikut ini merupakan hal yang dasar untuk dipatuhi.

ATURAN NOMOR 1
Kita semua manusia, bahkan saat berada di Internet sekalipun…!!!
Jangan pernah lupa bahwa orang yang sedang membaca e-mail atau posting Anda adalah manusia dengan perasaan yang bisa saja terluka. Berikut ini beberapa kata kunci yang dapat diingat bersama:


  • Adalah tidak baik untuk melukai perasaan orang lain. Cobalah untuk tidak mengirim komentar yang bernada menyerang tapi bersikaplah saling membangun.
  • Jangan pernah mengetik isi pesan Anda dengan menggunakan huruf besar semua, meskipun itu hanya pesan singkat, balasan ke suatu posting di forum, atau di dalam sebuah e-mail. Dengan menulis pesan menggunakan huruf besar semua, sama artinya Anda sedang berteriak (kecuali ternyata bukan itu yang Anda maksudkan). Jika Anda tidak bermaksud seperti itu, yakinkan dengan tegas dan katakan ke orang bahwa Anda sedang tidak berteriak. Ingatlah, bahwa orang tidak dapat mengetahui apa isi hati Anda tanpa menjelaskan apa yang sedang Anda lakukan.
  • Jangan pernah mengirim e-mail atau mengirim posting apapun yang tidak layak Anda katakan ke orang lain. Internet bukanlah tempat untuk mencari pertengkaran. Banyak orang di luar sana yang sama-sama membutuhkan informasi berguna, jadi jangan coba-coba untuk mencari gara-gara.
  • Ingatkan orang lain jika melakukan flaming. Flaming adalah ketika seseorang atau sekelompok orang mengekspresikan hal-hal negatif mengenai situasi tertentu. Alasan untuk mengingatkan orang yang melakukan hal ini adalah karena beberapa orang mungkin tidak tahu jika orang tersebut sedang melakukan flaming. Maksudnya di sini adalah, lingkungan Internet tidak seperti Anda sedang duduk dengan orang lain dan saling berhadap-hadapan, lalu mengatakan orang lain itu gila atau Anda jengkel terhadap sesuatu. Jadi tolong beritahu orang lain jika dia sedang melakukan flaming. Kita berusaha untuk sama-sama mengurangi kemungkinan adanya konfrontasi di Internet.
ATURAN NOMOR 2
Ikuti aturan seperti di kehidupan nyata Anda saat online….
     Bersikap dan bertindaklah dengan selalu memperhatikan etika, dan jangan buru-buru menyimpulkan sesuatu. Orang yang sedang berada di Internet datang dari berbagai penjuru dunia dan memiliki perbedaan pandangan terhadap sesuatu. Bersikaplah terbuka untuk mendengarkan orang lain dan apa yang mereka katakan. Ini adalah Internet, jadi cobalah untuk mempelajari hal-hal yang baru. Melanggar hukum berarti telah melakukan Netiquette yang buruk. Itu yang pelu diingat!


ATURAN NOMOR 3
Ingatlah dimana Anda berada ketika Anda sedang online…!!!
     Netiquette bervariasi dari satu tempat ke tempat yang lain. Tidak semua orang mengikuti aturan yang sama. Jadi, selalulah bersikap terbuka dan jika dibutuhkan, bersikaplah kritis tapi tetap konstruktif (membangun), dan bukan bersikap sebaliknya (negatif). Jika Anda berada di suatu wilayah topik pembicaraan pada forum atau chating, jangan buru-buru langsung mengirim komentar. Cobalah untuk menangkap ide dari apa yang sedang terjadi atau sedang dibahas. Setelah Anda merasa yakin dan berpikir bahwa Anda siap untuk menambahkan informasi/komentar yang berguna, baru kirim posting. Posting yang terlalu dini dapat berpotensi menyebabkan flaming (karena Anda sedang berusaha untuk memahami sesuatu secara nyata, padahal Anda tidak tahu apa yang sedang terjadi di forum).
ATURAN NOMOR 4
Hormatilah orang lain ketika Anda sedang online…!!!

Tidak masalah bahwa apa yang sedang Anda pikirkan merupakan hal yang paling penting dari segalanya, tapi jangan berharap orang lain setuju dengan Anda. Kirimkanlah posting Anda ke group yang sesuai. Jika Anda tidak dapat menemukan group yang sesuai dengan itu dan Anda merasa bahwa posting itu harus Anda kirim, yakinkan bahwa Subject dari posting Anda sesuai dengan isi posting Anda, sehingga orang lain tahu bahwa posting Anda tidak mengganggu topik diskusi saat itu.
Cobalah untuk tidak bertanya hal-hal yang bodoh di suatu kelompok diskusi. Jika hal itu merupakan pertanyaan yang sederhana yang jawabannya dapat dicari dari Google, jangan kirim posting Anda. Di sisi lain, jika posting Anda merupakan sebuah tipe pertanyaan yang memerlukan jawaban dalam bentuk opini atau pendapat, hal itu berbeda. Yakinkan orang lain bahwa Anda ingin memperoleh pendapat atau opini dari orang lain atas pertanyaan Anda, dan saya yakin orang akan senang membantu permasalahan Anda.
Bacalah FAQ (Frequently Asked Questions) atau Pertanyaan yang Sering Diajukan. Sekitar 90%, semua pertanyaan yang diajukan dapat dijawab melalui bagian FAQ. Bahkan jika Anda tidak menduga bahwa Anda akan mendapatkan jawabannya di sana, periksa dulu di FAQ. Berdasarkan pengalaman orang pada umumnya, pertanyaan mereka dapat terjawab jika membaca FAQ.
Jika lebih cocok, gunakan e-mail pribadi daripada mengirim posting ke group. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau komentari tapi menurut Anda hal itu tidak perlu atau tidak penting untuk diketahui oleh orang lain, kirim e-mail kepada orang yang bersangkutan tadi. Saya yakin, orang yang Anda kirimi e-mail tadi juga akan senang jika dia memperoleh e-mail dari Anda, tidak melalui forum.



Created by Dian Amanda

34 komentar:

  1. Nice Post

    Beberapa waktu yang lalu saya pun menulis hal serupa dalam laman saya, silakan di check di https://fawwazrifasya.com/kegiatan/kenali-netiquette-sebelum-berinternet/

    Terimakasih

    BalasHapus
  2. Nice article, increase knowledge

    BalasHapus
  3. Sangat bagus semoga dapat bermanfaat sehingga kita dapat menjaga etika kita walaupun di dunia maya

    BalasHapus
  4. Artikel yang sangat bermanfaat untuk kondisi pengembangan teknologi yang kian pesat

    BalasHapus
  5. Menurut saya, netiket adalah hal yang sangat penting, sepenting etika atau etiket di dunia nyata. Hal ini disebabkan karena meskipun kita tidak mengenal atau mengetahui orang yang sedang kita komentari atau bebicara dengan di internet merupakan orang orang nyata yang juga tentunya punya perasaan. Jika anda bingung bagaimana caranya menerapkan netiket, ikuti saja etika seperti anda berbicara di dunia nyata. Bagaimana netiket anda merupakan cerminan kesopanan anda di dunia nyata. Memang ada beberapa orang yang di dunia nyata terlihat baik, tapi netiket mereka sangat buruk. Itu artinya, apa yang mereka tampakkan di dunia adalah kepalsuan untuk menutupi bagaimana mereka sebenarnya. Bahkan beberapa perusahaan dan universitas sudah menelusuri netiket kandidat yang akan bekerja atau belajar dengan mereka, paling tidak untuk tahu apakah mereka memakai kata rasis atau offensive dalam berkomunikasi di dunia maya.
    Saya suka dengan materi yang disampaikan di blog ini, sangat bermanfaat. Terimakasih

    BalasHapus
  6. Menutut saya, netiket sangat penting. Saya sangat bersyukur diberi pembelajaran tentang hal ini lebih dalam lagi. Terima kasih

    BalasHapus
  7. Menurut saya artikel ini sangat penting dan sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, terlebih pada diri sya sendiri dalam menggunakan internet.Berisi pembelajaran dalam beretika menggunakan sosial media. yang mana sekarang pengguna sosial media tidak memandang umur, bahkan anak sd pun sudah pandai menggunakan sosial media,dimana mereka sangat mudah untuk meniru apa yang mereka lihat. ditakutkan ada hal negatif yang mereka lihat dan baca di komentar dan kemudian menirunya. Terima kasih atas netiket yg sangat bermanfaat ini.

    BalasHapus
  8. menurut saya artikel ini sangat bermanfaat dalam menambah ilmu dalam beretika di internet.

    BalasHapus
  9. Menurut saya artikel ini sangat penting karena etika sangatlah penting di dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan oramg lain di dunia maya.

    BalasHapus
  10. menurut Saya artikel ini sangatlah berguna. Tak bisa kita pungkiri di era sekarang semakin banyak pengguna internet/dunia maya dan seperti yang kita ketahui tidak sedikit orang yang berselisih di internet/dunia maya sehingga dengan adanya artikel ini dapat membantu para pengguna internet agar tetap menjaga etika dan tidak merugikan kedua bela pihak.

    BalasHapus
  11. Menurut saya, artikel ini sangat bermanfaat untuk dipelajari dan dilakukan secara nyata karena yang menggunakan internet adalah semua orang dari berbagai agama,umur, ras, dan lainnya. Jadi sebagai manusia, kita harus saling menghargai satu sama lain , ke siapa saja baik ke orang yang dikenal maupun tidak.

    BalasHapus
  12. Menurut saya, artikel ini sangat bermanfaat bagi semua orang. Artikel ini memperluas pengetahuan orang tentang beretika yang benar di kehidupan nyata maupun di online.

    BalasHapus
  13. menurut saya artikel ini sangat berguna karna disini di ajarkan bagaimana cara beretika dengan baik dengan benar tdk hanya di dunia nyata di internetpun sangat perlu di apklikasikan.

    BalasHapus
  14. menurut saya artikel ini sangat membantu dan mengajarkan cara beretika dengan benar dan dapat di aplikasikan dalam kehidupan kita

    BalasHapus
  15. Etika tidak hanya ada di dunia nyata namun juga ada di dunia maya. Terima kasih untuk postingan ini, kita tetap manusia di manapun kita berada,

    BalasHapus
  16. menurut saya informasi ini sangat penting berhubung kita sekarang berada di masa pandemi covid19 dimana semua kerjaan akan menjadi online sudah sepantasnya kita harus beradaptasi terhadap keadaan tersebut, mengingat lagi etika dalam kita terhadapn sesama manusia yang dulunya berhadapan langsung sekarang harus via internet. Maka sebaiknya kita tetap menjaga etika dalam menggunakan internet terhadap sesama manusia

    BalasHapus
  17. menurut saya informasi ini sangat berguna untuk semua kalangan karena memang tata krama dalam berkomunikasi sangat dibutuhhkan agar informasi yang kita sampaikan atau pun kita dengar tidak menimbulkan fitnah, hoax, dan tidak saling menghargai pendapat orang lain

    BalasHapus
  18. Menurut saya etika saat berinternet dan bersosial media sangatlah penting karna cara kita beretika dapat mencerminkan kepribadian sesorang... dalam bersosial media kira harus melakukan aturan2 yang tertera di atas agar tidak terjadi msalah dan dapat membangun kenyamanan kepada pengguna sosial media lainnya

    BalasHapus
  19. Menurut saya etika saat berinternet dan bersosial media sangatlah penting karna cara kita beretika dapat mencerminkan kepribadian sesorang... dalam bersosial media kira harus melakukan aturan2 yang tertera di atas agar tidak terjadi msalah dan dapat membangun kenyamanan kepada pengguna sosial media lainnya

    BalasHapus
  20. Menurut saya artikel ini sangat penting karena membicarakan mengenai etika. sebagaiamana kita ketahui, etika merupakan hal terpenting dalam hidup bersosial. Sepintar apapun anda, jika kepintaran itu tidak dibarengi dengan etika maka anda tidak akan ada nilainya di masyarakat. Begitu juga dengan etika di media sosial, anda harus tau dan paham apakah isi komentar anda membawa dampak buruk bagi pihak lain. Anda harus pandai menempatkan situasi dimana berada dalam kelompok yang lagi bercanda dan mana yang lagi serius. Jadilah manusia yang tidak Merugikan orang lain di manapun anda berada tidak terkecuali dalam bermedia sosial. Sekian......

    BalasHapus
  21. Saya sangat setuju dengan netiket tersebut. Sebagaimana kita berperilaku dalam lingkungan sosial, perilaku dalam dunia internet juga harus sangat diperhatikan. Kita harus memperhatikan cara berkomunikasi melalui internet karena saat ini dunia sosial tengah bergeser ke dalam dunia internet, mayoritas masyarakat dunia tengah menggunakan internet. Netiket tersebut sangat penting sebagai aturan dasar dan batasan untuk setiap pengguna internet agar dapat saling menghargai dalam memberi komentar/pernyataan dalam dunia internet. Tanpa batasan/aturan yang jelas, internet akan menjadi wadah hal-hal negatif dalam kehidupan, apalagi internet tidak mewajibkan setiap pengguna untuk memberi data informasi pribadi asli, membuat pengguna internet semakin leluasa untuk memberikan tanggapan baik positif maupun negatif. Oleh karena itu, netiket sangat wajib untuk dijadikan landasan dalam setiap komunikasi dalam rana internet.

    BalasHapus
  22. menurut saya netiket ini sangat berguna karena saat ini kita hidup di lingkungan yang di mana kita berpedoman pada dunia maya. da saat ini dunia maya sudah dapat di akses oleh semua kalangan, maka dengan adanya netiket kita dapat mengetahui etka yang baik saat bersosial media

    BalasHapus
  23. menurut saya : saya setuju dengan netiket tsb karna sangat membantu kita dalam berkomunikasi ataupun beretika yang baik dengan orang, tanpa melukai perasaan orang lain

    BalasHapus
  24. menurut saya: nettiquette membuat saya lebih paham lagi tata cara menggunakan media sosial secara sehat dan sopan

    BalasHapus
  25. Saya setuju dengan artikel ini. Netiket sangat penting untuk dipelajari sebelum kita memutuskan untuk berselancar di dunia maya. Sayangnya netiket ini belum tersebar luas, khususnya kepada generasi muda yang baru menggunakan media sosial. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya pengguna media sosial (remaja) yang kurang bijak dalam berperilaku di dunia maya. Saya berharap setiap pengguna media sosial dapat memahami netiket ini sebelum menggunakan media sosialnya agar tercipta kenyamanan bagi semua orang.

    BalasHapus
  26. Saya sangat setuju dengan artikel ini. Di masa sekarang ini, hampir semua kalangan sosial menggunakan internet. Kadangkala, mereka menggunakan internet secara tidak bijak karena sifat ke-anonym-an dalam internet sehingga mereka seringkali sengaja mencari masalah dan melakukan hal yang tidak etis karena merasa dirinya tidak akan dikenali. Tidak sepantasnya hal tersebut dilakukan. Internet seharusnya menjadi buah teknologi yang mempermudah hidup manusia dan memang itulah tujuan awal diciptakannya internet, bukan sebagai media untuk mencari masalah. Dengan artikel seperti ini, tentu kesadaran pengguna internet dalam beretika menjadi semakin besar dan jika semakin banyak yang melihat artikel ini maka semakin banyak juga pengguna internet yang akan sadar sehingga memmungkinkan terbentuknya budaya berinternet yang baru, dimana semua pengguna saling menghormati seperti di dunia nyata.

    BalasHapus
  27. Pertama-tama, tulisan yang menyinggung soal netiket atau etika saat berinternet ini sangat bermanfaat sekali di era sekarang. Saya sangat setuju bahwa meskipun di internet sekalipun, kita tetap harus menjaga etika sesuai aturan norma yang berlaku. Sebab bukan hanya kita atau kalangan kita saja yang menggunakan internet. Apabila kita tidak menggunakan sikap yang bijak dalam berinternet,diri sendiri bahkan orang lain pun akan merasakan dampak negatifnya. Contohnya, bila kita memberikan pernyataan atau komentar negatif terhadap orang, bisa saja orang tersebut merasa tersinggung atau sakit hati. Tak jarang orang mengalami depresi diakibatkan komentar buruk yang dibuat oleh orang tidak bertanggungjawab. Oleh karena itu, pembelajaran mengenai netiket ini sangat dianjurkan bagi seluruh pengguna internet agar dapat belajar sejak dini dalam bagaimana seharusnya bersikap sesuai norma yang berlaku.

    BalasHapus
  28. Menurut saya,artikel ini sangat penting dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, terutama pada diri sya sendiri dalam menggunakan internet.kita tetap diharuskan menjaga etika sesuai norma yg berlaku

    BalasHapus
  29. Menurut saya artikel ini sangat penting untuk kita semua, karna etika sama sopan santun sangat di butuhkann dalam bersosial media

    BalasHapus
  30. Dalam opini saya artikel ini sangat memadai topik yang dibahas yakni "Netiquette/Ettiquette in Technology". Ada pula nilai-nilai tersirat yang terkandung dalam penjelasan tersebut bahwa bersikap "Baik" dalam general view adalah yang dituju, karena berkembang dari sikap tersebut kita menjadi memahami banyak hal dalam etika secara garis besar. Dari menghargai hak orang lain, bersikap tolerir, memahami kondisi lawan pihak, dsb. Netiquette ini menjadi sebagai salah satu contoh untuk kedepannya bahwa bersikap baik itu bukan suatu paksaan, tetapi adalah cara hidup.

    BalasHapus
  31. Artikel ini sangat membantu untuk menjaga norma-norma sosial yang telah hilang dari masyarakat terutama melalui sosial media. Saya harap pembaca mampu mencerna dan mengaplikasikan informasi yang dibaca dengan baikdan benar.

    BalasHapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus